Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

https://betwin188.online/

Dikutip betwin188 Jalur pendakian Suwanting adalah jalur baru dalam pendakian Gunung Merbabu. Gunung Merbabu memiliki banyak jalur pendakian antara lain jalur Selo dari Magelang / Boyolali , jalur Kopeng dari Salatiga , jalur Wekas ​​dari Magelang , dan Suwanting dari Magelang. Jalur Selo adalah jalur dengan pemandangan terindah menurut para pendaki. Namun dengan dibukanya jalur baru pada bulan Maret 2015 itu jalur Suwanting, yang tidak bisa jauh dari Selo, maka menambah satu lagi jalur pendakian yang paling indah di gunung Merbabu.

Berdasarkan cerita lokal, jalur Suwanting yang pernah dibuka pada tahun 1990 sampai tahun 1998. Setelah 1998, jalur tertutup. Dan pada musim Maret 2015 jalur ini dibuka kembali.

Jalur pendakian gunung Merbabu via Suwanting terletak di dusun Suwanting, desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Lokasinya sekitar 4 km dari garduale Ketep.

Akses untuk menuju Dusun Suwanting Lembaga sulit. Sekarang sudah didukung dengan teknologi GPS di gadget atau smartphone yang semua orang punya. Dari arah Jakarta atau jawa timur bila melalui jalur Yogyakarta. Dari Jogja menuju kabupaten Muntilan lalu menuju Ketep. Akomodasinya juga sangat mudah. Dari Yogyakarta dapat menggunakan moda transportasi bus. Yang terpenting jika bingung maka tanyalah ke orang. Dan jangan lupa gunakan smartphone Anda.

BASECAMP SUWINGING INDAH

MEMULAI PENDAKIAN

Catatan : banyak pendaki dari pendakian via Suwanting tidak segampang dan seindah di foto di medsos. Mereka mencari perjalanan yang sangat sulit di musim hujan. Mereka baru menemukan pemandangan yang indah seperti di sabana, namun untuk terus ke sana harus melewati 6 jam jalan normal melewati trek yang licin dan berat)

Basecamp Suwanting – Pos 1 (30 menit)
Perjalanan awal setelah lompatan basecamp kita akan meloloskan beberapa rumah warga setelah setelah dari rumah. Ladang berupa tanaman pegunungan. Suasana sangat sejuk dan trek terbuka saat menanjak sedikit. Perjalanan dari basecamp menuju Pos 1 hanya 30 menit – 45 menit. Sebelum sampai Pos 1 kita bertemu dengan hutan pinus (lengkap dengan pohon pinus rapat).

Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam)
Setelah lepas Pos 1 dan hutan pinus kemudian kita menjumpai perjalanan yang lebih berat dari sebelumnya. Jalur pengirim dengan vegetasi rimbun dan tanjakkan. Dari Pos 2 menuju Pos 3 jam waktu sekitar 90 menit (1,5 jam).

Pos 2 – Pos 3 (2 jam)
Di Pos 2 inilah biasa para pendaki untuk mendirikan tenda alias ngecamp . Di pos ini pula kami dapat melihat pemandangan gunung Merapi. Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Trek jauh lebih sulit dari sebelumnya. Sebelum sampai di Pos 3 kita akan menjumpai udara yang bernama “Sendang Dampo Awang”.

Pos 3 – Puncak Keteng Songo (1,5 jam)
Di Pos 3 ini pula juga menjadi tempat favorit untuk ngecamp. Dari Pos 3 ini terlihat pemandangan yang sangat indah seperti gunung Sindoro-Sumbing, Merapi dan beberapa gunung lain tampak sayup-sayup. Perjalanan menuju ke Ketap Songo atau Triangulasi kita akan melewati beberapa bukit dengan tumbuhan rumput yang rimbun. Perbukitan tersebut dinamakan dengan “sabana”. Dari Pos 3 menuju puncak kita akan melewati sabana 1, sabana 2, dan sabana 3. Sabana via jalur Suwanting sama cantiknya dengan jalur via Selo. Hanya 1,5 jam saja untuk serangan summit dari Pos 3.

Jika ditotal maka bisa kita kalkulasikan:
Basecamp Suwanting – Pos 1 (30 menit)
Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam)
Pos 2 – Pos 3 (2 jam)
Pos 3 – Puncak Keteng Songo (1,5 jam)
TOTAL = 5 jam 30 menit perjalanan naik – 7jam
Perjalanan turun sekitar 4-5 jam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *